makalah Q.S AL-IMRAN AYAT 26



Q.S AL-IMRAN AYAT 26



Oleh Kelompok I
BAMBANG HARIANTO                                                           1510300045


Dosen Pengampu
Dr. Ali Sati, M. Ag





HUKUM TATA NEGARA
FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANG SIDIMPUAN
2017




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat ilahi rabbi atas segala limpahan Rahmat, kasih sayang dan nikmat yang tiada tara sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW semoga kita semua bisa mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak.amiin.
Kami berharap Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam menjalani kehidupan sosial saat ini dan Kami berharap pula semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini supaya kedepannya dapat lebih baik.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna sehingga kami mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca yang sifatnya membangun ke arah yang lebih sempurna.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
A.    Pendahuluan………………………………………………………………...1
B.     Ayat Utama……………………………………………………………….....1
C.    Makna Mofrodat………………………………………….………………...3
D.    Asbabun Nuzul….…………………………………………………………..4
E.     Analisa kandungan Ayat…………………………………………………...5
F.      Sikap Muslim terhadap Ketentuan dan Kuasa Allah.........................…..5
G.    Hikmah Kandungan Ayat…………………………………….……………6
KESIMPULAN ……………………………………………………………………..12
DAFTAR PUSTAKA


A.    Pendahuluan
Al-Quran tidak menyatakan secara eksplisit bagaimana sistem politik terwujud. Tetapi ia menegaskan bahwa kekuasaan politik dijanjikan kepada orang-orang beriman dan beramal sholeh. Ini berarti sistem politik terkait dengan kedua faktor tersebut. Pada sisi lain keberadaan sebuah sistem politik terkait pula dengan ruang dan waktu. Ini berarti ia adalah budaya manusia sehingga keberadaannya tidak dapat dilepaskan dari dimensi kesejarahan. Karena itu lahirnya sistem politik islam harus ditelusuri dari sebuah peristiwa sejarah.
Dalam hal ini peristiwa yang dimaksud adalah baiat atau mubayaah keislaman, sebuah perikatan berisi pengakuan dan penaklukan diri kepada islam sebagai agama. Konsekuensi dari baiat tersebut adalah terwujudnya sebuah masyarakat muslim yang yang dikendalikan oleh kekuasaan yang dipegang Rasulullah SAW.
Perkembangan lebih lanjut dari sistem politik tersebut terjadi setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Disini sistem politik tersebut memiliki supremasi atas kota Madinah yang ditandai dengan keluarnya Piagam Madinah (1 H). Rasulullah menjalankan sistem politik tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip al-Quran tentang politik. Lalu bagaimanakah konsep dan prinsip politik islam dalam pandangan al-Quran?
B.     Ayat Utama
Negara sebagai kekuatan dunia merupakan sesuatu yang mutlak bagi Al-Qur'an, sebab hanya dengan itulah aturan-aturan dan ajaran-ajarannya dapat dilaksanakan dalam kehidupan nyata. Islam mengatur hal-hal yang tidak berubah, termasuk pokok- pokok mengatur masyarakat manusia, kepentingan dan keperluannya; kepemimpinannya. Titel kepada negara, khalifah boleh, amirul mukminin boleh, presiden boleh.[1]
Negara adalah sekumpulan manusia yang secara tetap mendiami suatu wilayah tertentu dan memiliki institusi abstraknya sendiri serta sistem yang  dipatuhi dari para pemegang kekuasaan yang ditaatinya serta memiliki kemerdekaan politik. Unsur yang harus ada bagi wujudnya dan berdirinya sebuah negara adalah adanya bangsa yang mendiami wilayah tertentu di belahan bumi ini, adanya institusi abstrak yang diterima baik oleh bangsa tersebut dan direalisasikan oleh pemegang kekuasaan, adanya sistem yang ditaati dan mengatur jenjang-jenjang  kekuasaan serta kebebasan politik yang menjadi identitas bangsa tersebut sehingga tidak mengekor kepada negara lain Jauh sebelum Islam yang dibawa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam datang, di Barat maupun di Timur telah terdapat negara dalam  pengertiannya yang umum berupa kerajaan.[2]
1.      Surat Ali Imron ayat 26.
قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ [٣:٢٦]
Katakanlah: "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.(QS.al-imran:26)[3]

C.    Makna Mofrodat
1.      Kata اللَّهُمَّ (Allahumma) digunakan khusus untuk memohon doa kepada Allah yang berarti Ya Allah bimbinglah kami dengan cara yang sebaik-baiknya.
2.      Kata ملك (Malik) yang berarti raja, atau "Malik", yang artinya Pemilik atau mengandung penguasaan terhadap sesuatu yang disebabkan oleh kekuatan pengendalian dan keshahihannya.
3.      Kata مَالِكَ الْمُلْكِ (Malikul mulk) merupakan kata majemuk yang mempunyai makna kekuatan, dan keshahihan yang pada awalnya diartikan sebagai ikatan dan penguatan. Allah adalah Pemilik. Ayat ini mejelaskan bahwa yang dimiliki-Nya adalah al-mulk, yakni kepemilikan.
4.      Kata تعزّ (Tu'izzu) bermakna Engkau muliakan, pada hakikatnya kata ini berarti kekuatan yang menjadikan pemiliknya dibutuhkan, sekaligus tidak terkalahkan.
5.      Kata تذلّ (Tudzillu) bermakna Engkau hinakan. Yang hina selalu butuh kepada banyak pihak, terkalahkan dan tidak berwibawa.

D.    Asbabun Nuzul
Ulama tafsir mengemukakan riwayat yang bersumber dan Ibn Abbas dan Anas Ibn Malik,bahwa ketika nabi Muhammad SAW berhasil memasuki kota mekah dengan gemilang, beliau menyampaikan bahwa sesuatu ketika imperium Romawi dan persia nakan takluk kepada kekusaan islam. Orang – orang munafik yang mendengar informasi ini tercengang, ragu, dan mengejek sambil berkata,”Apakah tidak cukup buat muhammad mekah dan madinah?”. Menanggapi ejekan dan keraguan tersebut Allah menurunkan ayat ini.[4] Dan “Dikemukakan oleh Ibnu Abî Hâtim yang bersumber dari Qatadah. Qatadah berkata: “Diterangkan kepada kami, bahwa Rasulullah SAW pernah memohon kepada Tuhannya (Allah) supaya Raja Rum dan Raja Persia umatnya(Nabi SAW). Maka Allah SWT menurunkan ayat ini”:[5]

E.     Analisa kandungan Ayat
Dalam QS. Al-imran:26 ditegaskan bahwa manusia wajib mengakui kemahakuasaan Allah dan tunduk kepada-Nya. Dialah yang dapat memerikan kekusaan kepada seseorang atau mencabut kekuasaan itu. Dia juga yang menguasai segala bentuk kebaikan secara mutlak. Disini terkandung pengertian bahwa ketika berdoa, sesorang harus bersikap tawadhu agar apa yang dimohonkan dapat segera terealisasi.
Allah malik al mulk adalah dia sumber kepemilikan. Dia yang terlaksana kehendaknya dalam wilayah dalam wilayah kekusaannya, sedangkan wilayah kekuasaannya adalah seluruh wujud ini. Itu dia laksanakan sesuai dengan cara yang dikehendakinya baik saat mewujudkan, meniadakan, menganugrahkan, mempertahankan, dan mencabut. Kesatuan kepemilikan Allah di ibaratkan oleh imam Ghazali dengan manusia yang walaupun bagian-bagian dari anggota badannya anyak dan beraneka ragam, tetapi seluruhnya bekerja sama untuk memenuhi kehendak pemiliknya, yakni manusia. Alam raya, bahkan keseluruhan wujud merupakan milik Allah, kesemuanya tunduk kepada-Nya dan bekerja sama untuk tujuan kebajikan dan sesuai hikmah kebijaksanaan-Nya.
             Ketika kita bericara bahwa Allah adalah malik al mulk maka itu bermakna segala sesuatu yang dapat dikatakan semuanya milik Allah, karena Dia adalah pemilik dari segala kepemilikan.jika demikian halnya, tiada satupun yang bukan milik-Nya.
             Ketika seseorang mengucapkan allahumma malik al-mulk/ Allah pemilik kerajaan, maka pada hakikatnya dia menyeru Allah dengan dua nama-Nya, yaitu Allah dan Malik al-Mulk. Dengan menyebut nama Allah, yang lafaz-Nya menyiratkan makna ketaatan dan ibadah yang hanya wajar diarahkan kepada-Nya semata, pengucap doa ini diharapkan dapat meraih kekhusyukan, serta menyandangkan segala sifat terpuji kepada Allah dan menyucikan-Nya dari segala sifat tercela. Dengan menyeru Malik al-Mulk diharapkan dapat tecermin kekuasaan dan kebesaran Allah SWT., serta kelemahan seluruh makhluk di hadapan-Nya. Salah satu bentuk dan bukti kekuasaan dan kepemilikan-Nya adalah apa yang diucapkan itu, yakni Engkau berikan kerajaan kepada siapa yang iingkau kehendaki. Anda perhatikan, Dia tidak mengajarkan kita berkata, "Engkau milikkan", tetapi "berikan", karena apa yang diberikan-Nya bukan menjadi milik, tetapi pemberian yang sifatnya hanya sementara, karena pada saat yang sama, pemberian-Nya dapat diambil-Nya kembali, baik yang diberi rela atau tidak. Seandainya apa yang diberikan dijadikan milik yang diberi, tentu tidak wajar Allah mengambilnya kembali, apalagi dengan mencabut, yakni memaksa.
Kerajaan, yakni kekuasaan yang berada dalam genggaman tangan seseorang bukanlah miliknya; karena itu bila yang bersangkutan enggan menyerahkannya ketika Allah memintanya kembali, maka Engkau cabut kerajaan  yang pernah Engkau berikan itu dari siapa yang Engkau kehendaki,  untuk Engkau cabut darinya. Pemberian dan pencabutan itu, melalui faktor-faktor atau hukum-hukum yang ditetapkan Allah, berlaku dalam kehidupan masyarakat, tidak ubahnya dengan hukum-hukum alam yang ditetapkannya dalam perjalanan alam raya ini.
Kata cabut memberi isyarat bahwa  seringkali  penguasa ingin mempertahankan kekuasaannya sepanjang mungkin, kalau pun harus mengalihkan, maka pengalihan tersebut adalah kepada anak keturunan atau teman dckatnya, sehingga kekuasannya dapat langgeng. Memang lebih tepat memahami kata al-mulk pada ayat ini dalam arti kekuasaan memerintah, Agaknya makna-makna selain kekuasaan memerintah dicakup oleh lanjutan ayat, yakni Engkau  muliakan  siapa  yang Engkau kehendaki untuk Engkau muliakan, dan Engkau hinakan siapa yang Engkau  kehendaki untuk Engkau hinakan.
Ungkapan  Engkau muliakan, pada hakikatnya mengandung arti kekuatan yang menjadikan pemiliknya dibutuhkan, sekaligus tidak tetkalahkan. Allah Maha Mulia karena Dia dibutuhkan oleh semua makhluk, sedangkan Dia tidak butuh kepada siapa atau apa pun. Dia mengalahkan segala sesuatu dan tidak dapat dikalahkan oleh segala sesuatu. Dia sedemikian mulia, sehingga tidak ada yang dapat menyentuh, bahkan mengetahui hakikat-Nya. Pada saat Allah memuliakan seseorang, maka orang itu akan dibutuhkan oleh banyak pihak, dan pada saat yang sama dia tidak dapat dikalahkan oleh lawan-lawannya.
Menganugerahkan kekuasaan atau mencabutnya, memuliakan atau menghinakan, itu semua akan berakibat baik, karena segala yang bersumber dari-Nya adalah baik, bahkan hanya di tangan Engkaulah segala kebajikan. Allah yang menciptakan dan mengatur alam raya, ciptaan dan pengaturan-Nya sungguh baik. Apa yang diduga buruk pada hakikatnya lahir dari keterbatasan pandangan manusia, atau dilahirkan oleh ulah manusia sendiri  atau dapat juga dikatakan bahwa yang buruk kalau pun ada hanya terbatas menyentuh sekian makhluk-Nya, dan keburukan itu pada hakikatnya adalah untuk kebaikan  banyak sekali makhluk-Nya yang lain, sehingga pada akhirnya yang buruk itu pun adalah baik untuk alam raya, paling tidak untuk sebagian besar mereka. Kalau pun pada akhirnya kita berkata, bahwa segala sesuatu atas izin Allah, dan bahwa kenyataan menunjukkan adanya apa yang dinilai buruk oleh manusia, maka ketika itu hendaknya kita menarik pelajaran dari tuntunan ayat ini, bahwa  kalau pun ada yang dinilai buruk, maka keburukan itu tidaklah wajar dinisbahkan kepada Allah SWT. Akhirnya ayat di atas menegaskan hakikat yang tidak terbantah, bahwa sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
F.      Sikap Muslim terhadap Ketentuan dan Kuasa Allah
               Ketika Mu'awiyah ibn Abi Sufyan  menggantikan  Khalifah  IV, Ali ibn Abi Thalib (W. 620 H), ia menulis surat kepada salah seorang sahabat Nabi, Al Mughirah  ibn  Syu'bah  menanyakan, "Apakah  doa  yang  dibaca  Nabi  setiap selesai shalat?" Ia memperoleh jawaban bahwa doa beliau adalah, "Tiada Tuhan selain  Allah,  tiada  sekutu  bagi-Nya.  Wahai Allah tidak ada yang mampu menghalangi apa yang engkau beri, tidak juga ada yang mampu memberi apa yang  Engkau  halangi, tidak berguna upaya yang bersungguh-sungguh. Semua bersumber dari-Mu. (HR Bukhari).[6]
               Walau hadis tersebut diperdebatkan oleh ahli ilmu kalam, menyangkut pro dan kontra terhadap pengausa yang jelas, Nabi dan  sahabat-sahabat  utama  beliau,  tidak pernah  mempersoalkan takdir. Mereka sepenuhnya  yakin  tentang  takdir  Allah yang   menyentuh  semua  makhluk  termasuk  manusia,  tetapi sedikit  pun  keyakinan   ini   tidak   menghalangi   mereka menyingsingkan   lengan baju, berjuang,  dan  kalau  kalah sedikit pun mereka tidak menimpakan kesalahan kepada  Allah. Sikap  Nabi  dan  para sahabat tersebut lahir, karena mereka tidak memahami ayat-ayat Al-Quran secara parsial: ayat  demi ayat,   atau  sepotong-sepotong  terlepas  dari  konteksnya, tetapi memahaminya secara utuh, sebagaimana  diajarkan  oleh Rasulullah SAW.

G.    Hikmah Kandungan Ayat
a.       Allah memperkenankan doa siapa saja, adakalanya langsung diterima dan adakalanya memerlukan waktu yang lama. Semua itu atas izin Allah dan segala yang telah di putus Allah berkaitan doa yang di mohonkan pastilah keputusan itu adalah yang terbaik menurut pengetahuan dan perhitungan Allah.
b.      Allah mempunyai kuasa mutlak untuk mengangkat  dan merendahkan pangkat dan derajat siapa saja. Kemutlakan kekuasaaNya tersebut logis karena Allah adalah pemilik segala kekuasaan.
c.       Setiap pribadi hendaknya dapat menempatkan diri sebaik mungkin menyangkut posisi dalam tatanan kehidupan berdasar kekurangan, kelemahan dan kelebihan masing-masing. Sikap dengan menempatkan diri pada komunitas dengan baik tersebut menjadi penting karena setiap posisi membawa konsekwensi tugas dan wewenang yang berbeda. Pelaksanaan tugas dengan konsekuen oleh masing-masing pribadi akan membawa kkebaikan baik pribadi maupun bagi seluruh komunitas. Pengetahuan dan kekuasan Allah adalah mutlak. Sebagai zat Yang Maha Rahman dan rahim Allah telah menetapkan kadar dan ketentuanya yang tidak bertentangan dengan fitrah manusia. Dan jika manusia berada pada posisi kurang beruntung hingga nanti di kemudian hari tentu itu adalah akibat kesalahan dan kelupaan manusia.




H.    Kesimpulan
Allah telah menciptakan alam semesta ini dengan segala kebesarannya, yang menguasai alam ini, mengaturnya dengan perintah-Nya ,mengendalikannya dengan kekuasaan-Nya. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat dalam putaran yang abadi ini. Yaitu, putaran malam mengikuti siang dalam peredaran planet ini. Dia menciptakan matahari, bulan dan bintang, yang semula tunduk kepada perintah-Nya.
Al-Qur’an telah menghubungkan semua pagelaran alam semesta dan seluruh getaran jiwa kepada akidah tauhid. Ia mengubah setiap kilatan sinar dalam lembaran alam semesta atau dalam batin manusia kepada sebuah dalil atau isyarat. Demikianlah alam semesta beserta segala isinya beralih rupa menjadi tempat pementasan ayat-ayat Allah yang dihiasi dengan keindahan oleh “tangan” kekuasaan dan bekas-bekasnya tampak nyata dalam setiap pagelaran dan pemandangan serta gambaran dan bayang-bayang didalamnya. Sehingga manusia diharuskan percaya dengan adanya alam semesta ini sebagai bukti dari kebesaran Tuhan.


DAFTAR PUSTAKA
Asbâbun Nuzûl lil Wâhidî(al-Wâhidî).
HR Bukhari
Musa, M. Yusuf , Politik dan Negara dalam Islam, terjemah M. Thalib, Surabaya: Al-Ikhlas, t.th
 Natsir, M,  Maarif dalam Islam dan Pancasila sebagai Dasar Negara, Jakarta: LP3ES, 2006.
Tafsîr Ibnu Abî Hâtim(Ibnu Abî Hâtim).
Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Juz XIII, Semarang: CV. TohaPutra,1994



[1] M. Natsir, Maarif dalam Islam dan Pancasila sebagai Dasar Negara, (Jakarta: LP3ES, 2006),  hlm. 130-131
[2] M. Yusuf Musa, Politik dan Negara dalam Islam, terjemah M. Thalib, (Surabaya: Al-Ikhlas, t.th), hlm. 25.
[3] Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Juz XIII (Semarang: CV. Toha Putra, 1994)

[4] Asbâbun Nuzûl lil Wâhidî(al-Wâhidî).
[5] Tafsîr Ibnu Abî Hâtim(Ibnu Abî Hâtim).
[6] HR Bukhari