KOMPETENSI DAN INDIKATOR
DALAM BELAJAR
Alfansyuri Hasibuan (Nim.
08. 330 175)
A. Pengertian Kompetensi dan
Indikator
- Pengertian Kompetensi
Menurut Becker (1077) kompetensi
adalah kemampuan yang harus dikuasi seseorang sedangkan Gordon (1988)
mengemukakan bahwa kompetensi adalah pengetahuan, pemahaman, keterampilan,
nilai, sikap dan minat.[1]
- Pengertian Indikator
Indikator merupakan pengganda
pencapaian kompetensi dasar yang ditanda oleh perubahan prilaku yang dapat
diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.[2]
Indikator lebih terarah pada
ciri-ciri belajar yaitu: belajar menghasilkan perubahan perilaku pada diri
peserta didik, belajar menghasilkan prilaku yang secara relatif tetap dalam
berpikir, merasa dan melakukan pada diri peserta didik. Perubahan tersebut
terjadi sebagai hasil latihan, pengalaman, dan pengembangan yang hasilnya tidak
dapat diamati secara langsung.
B. Fungsi Indikator Dalam
Mengembangkan Pencapaian Kompetensi
Indikator memiliki kedudukan yang
sangat strategis dalam mengembangkan pencapaian kompetensi berdasarkan standar
kompetensi dan kompetensi dasar. Indikator berfungsi sebagai berikut.[3]
- Pedoman dalam mengembangkan materi pelajaran.
- Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.
Desain pembelajaran harus dirancang secara efektif agar
kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran
hendaknya sesuai dengan indikator yang dikembangkan, karena indikator dapat
memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai
kompetensi.
- Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi pesera didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indikator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.
- Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan
bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian.
Pengembangan indikator penilaian harus mengacu pada indikator pencapaian yang
dikembangkan sesuai dengan tuntutan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
C. Kompetensi Guru
Seorang guru disamping senantiasa
dituntut untuk mengembangkan pribadi dan profesinya secara terus menerus, juga
dituntut mampu dan siap berperan secara professional dalam lingkungan sekolah
dan masyarakat.
Kompetensi guru merupakan kemampuan
dan kewenangan guru dalam melaksanakan profesi keguruannya. Oleh karena itu,
seorang guru harus mampu mengembangkan tiga aspek kompetensi yaitu:
1.
Kompetensi pribadi
Seorang guru harus memiliki kepribadian yang mantap
sehingga mampu berfungsi sebagai tokoh identitas bagi siswa dan sebagai panutan
bagi masyarakat.
2.
Komptensi Profesi
Seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas serta
menguasai metodologi pengajaran baik teoritis maupun praktis. Untuk melakukan
tugas dengan baik, guru harus memiliki kemampuan profesional yaitu 10
kompetensi guru meliputi :[4]
1.
Menguasai bahan, meliputi :
-
Menguasai kurikulum dalam
bidang sekolah
-
Menguasai bahan
pengajaran/penunjang bidang studi:
2.
Mengelola program belajar
mengajar meliputi:
-
Merumuskan tujuan instruksional
-
Mengenal dan dapat mengunakan
prosedur instruksial yang tepat
-
Melaksanakan program belajar
mengajar
-
Mengenal kemampuan anak didik.
3.
Mengelola kelas, meliputi:
-
Mengatur tataruangan untuk
pelajaran
-
Menciptakan kondisi belajar
mengajar yang serasi
4.
Pengunaan media atau sumber,
meliputi:
-
Mengenal, memilih dan
mengunakan media.
-
Membuat alat Bantu pelajaran
yang sederhan.
-
Mengunakan perpustakaan dalam
proses belajar mengajar.
5.
Menguasai landasan pendidikan.
6.
Mengelola intraksi belajar
mengajar
7.
Menilai kepentingan siswa untuk
kepentingan pelajaran
8.
Mengenal fungsi layanan dan
program bimbingan dan penyuluhan.
9.
Mengenal dan menyelengarakan
administrasi sekolah.
10.
Memahami prinsip-prinsip dan
menapsirkan hasil penelitian pendidikan guna untuk pelajaran.
3.
Kompetensi sosial
Seorang guru mampu membangun komunikasi yang efektif
dengan lingkungan sekitarnya
DAFTAR PUSTAKA
http: / one. Indoskripsi. Com/node/450
Sabri Ahmad, Strategi
Belajar Mengajar dan Micro Teacing, Jakarta:
Quantum Teaching, 2005