RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA
Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Program :
XII/IPA-IPS
Semester :
I (satu)
Standar Kompetensi : I. Memahami
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal
resmi dan berlanjut dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : I.I Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get
things done)
dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut
(sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa
lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur,
mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan melakukan
sesuatu.
Indikator : -
Mengidentifikasi makna kata
-
Mengidentifikasi hubungan
antara pembicara
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur mengusulkan
-
Merespon tindak tutur
mengusulkan
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur memohon
-
Merespon tindak tutur memohon
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu.
-
Merespon tindak tutur membahas
kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur memerintah
-
Merespon tindak tutur
memerintah
-
Mengidentifikasi konteks
situasi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi makna kata
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
- Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkan
- Merespon tindak tutur mengusulkan
- Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon
- Merespon tindak tutur memohon
- Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu.
- Merespon tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
- Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
- Merespon tindak tutur memerintah
- Mengidentifikasi konteks situasi
B.
Materi Pembelajaran
- Teks percakapan transaksional dan interpersonal lisan
- Kosa kata yang terkait tema/jenis teks
- Ungkapan
a.
Mengusulkan
b.
Mengeluh
c.
Membahas kemungkinan atau
kemampuan melakukan sesuatu
d.
Memerintah
C.
Metode Pembelajaran
Interactive, listening comprehension, ceramah, penugasan
dan demonstrasi.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegitan awal
1.
Mengaktifkan skemata peserta
didik mengenai materi yang akan dibahas
2.
Memberi informasi kepada
peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
3.
Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
- Membacakan teks yang akan di ujikan
- Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
- Mengecek pemahaman peserta didik dan umpan balik
- Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
Pertemuan kedua
Kegiatan awal
- Mengaktifkan skemata peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
- Memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
- Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
- Membacakan teks yang akan di ujikan
- Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
- Mengecek pemahaman peserta didik dan umpan balik
- Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
E.
Sumber Belajar : Buku Teks (Contextual
Learning, Wahyu Sundayana, Grafindo, 2003)
F.
Penilaian
- Tehnik : Tes tulisan
- Bentuk : Pertanyaan lisan
- Instrumen : Listen carefully, then complete the dialoque
Padangsidimpuan,
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Guru
Mata Pelajaran
( ) Yesrida
NIP. NIM.
07.340044
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA
Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Program :
XII/IPA-IPS
Semester :
I (satu)
Standar Kompetensi : I. Memahami
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal
resmi dan berlanjut dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : I.I Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get
things done)
dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut
(sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa
lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui
kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan, hasrat,
menyatakan berbagai sikap.
Indikator : -
Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan
-
Merespon tindak tutur mengakui
kesalahan
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur berjanji
-
Merespon tindak tutur berjanji
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyalahkan/menuduh
-
Merespon tindak tutur menyalahkan/menuduh
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
-
Merespon tindak tutur
mengungkap keingintahuan dan hasrat
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur memeritah
-
Merespon tindak tutur
memerintah
-
Mengidentifikasi makna tindak
tutur mengatakan berbagai sikap
-
Merespon tindak tutur
menyatakan berbagai sikap
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan
- Merespon tindak tutur mengakui kesalahan
- Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji
- Merespon tindak tutur berjanji
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan/menuduh
- Merespon tindak tutur menyalahkan/menuduh
- Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
- Merespon tindak tutur mengungkap keingintahuan dan hasrat
- Mengidentifikasi makna tindak tutur memeritah
- Merespon tindak tutur memerintah
- Mengidentifikasi makna tindak tutur mengatakan berbagai sikap
- Merespon tindak tutur menyatakan berbagai sikap
B.
Materi Pembelajaran
- Mengakui kesalahan
Mis A : I
admit was wrong
B : I
told you
- Berjanji
Mis A : I give
you my words
B :
you’d better
- Menyalahkan, menuduh
Mis A : you
are the one to blame
B : are
excusing me ?
- Mengungkapkan keingintahuan hasrat
Mis A : I
wonder if…
B : why
not ?
- Menyatakan berbagai sikap
Mis A : I like
it
B : do
you ?
C.
Metode Pembelajaran : Interactive, listening
comprehention, ceramah, penugasan.
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan awal
1.
Mengaktifkan skema peserta
didik mengenai materi yang akan dibahas
2.
Memberi informasi kepada
peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
3.
Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
- Membacakan teks yang akan di ujikan
- Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
- Mengecek pembahasan peserta didik dan umpan balik/menyempurnakan materi
- Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
- Memberikan PR
Pertemuan Kedua
Kegitan awal
- Mengaktifkan skema peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
- Memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
- Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
- Membacakan teks yang akan di ujikan
- Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
- Mengecek pemahaman peserta didik dan umpan balik
- Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
E.
Sumber Belajar : Buku Teks (Contextual
Learning, Wahyu Sundayana, Grafindo, 2003)
F.
Penilaian
1.
Tehnik : Tes tulisan
2.
Bentuk : Pertanyaan lisan
3.
Instrumen : Listen carefully, answer the questins
Padangsidimpuan,
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Guru
Mata Pelajaran
( ) Yesrida
NIP. NIM.
07.340044
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA
Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Program :
XII/IPA-IPS
Semester :
I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Merespon makna teks fungsional pendek dan essei sederhana
berbentuk
narrative, explanation dan discussion dalam konteks
kehidupan sehari-hari untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar : 2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional
pendek
resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan
berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
Indikator : -
Mengidentifikasi topic sebuah teks fungsional pendek yang didengarkan
-
Mengidentifikasi informasi
tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
-
Mengidentifikasi tujuan teks
fungsional pendek yang di dengar.
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi topic sebuah teks fungsional pendek yang didengarkan
- Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
- Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek yang di dengar
B.
Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek lisan
C.
Metode Pembelajaran : Developing, listening
comprehention, diskusi dan penugasan
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegitan awal
1.
Mengaktifkan skemata peserta
didik mengenai materi yang akan dibahas
2.
Memberi informasi kepada
peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
3.
Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
- Memberikan tugas kepada peserta didik
- Membimbing pelatihan
- Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Kegiatan akhir
- Memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
- Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
E.
Sumber Belajar : Buku Teks Bahasa Inggris
kelas XII
F.
Penilaian
1.
Teknik : Tes lisan
2.
Bentuk : Pertanyaan lisan
3.
Instrumen : listen this dialoque then answer these
question
Padangsidimpuan,
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Guru
Mata Pelajaran
( ) Yesrida
NIP. NIM.
07.340044
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Program :
XII/IPA-IPS
Tahun Pelajaran :
2009/2010
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
I
|
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam teks
percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
2.
Memahami makna teks
fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, explanation dan
discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam
teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
4.
Mengungkapkan makna dalam
teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, explanation dan
discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Membaca
5.
Memahami makna teks
fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, explanation dan
discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan.
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam
teks fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, explanation
dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1
Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur, mengusulkan, memohon, mengeluh,
membahas kemungkinan atau kemampuan melakukan sesuatu dan memerintah
1.2
Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji,
menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan, hasrat, menyatakan
berbagai sikap
Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tidak resmi secara akurat,
lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
Merespon makna dalam teks
monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk
explanation, narrative dan discussion.
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur, mengusulkan, memohon, mengeluh,
membahas kemungkinan atau kemampuan melakukan sesuatu dan memerintah
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh,
mengungkapkan keingintahuan, hasrat, menyatakan berbagai sikap.
4.1
Mengungkapkan makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tidak resmi secara
akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2
Mengungkapkan makna dalam
teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative,
explanation dan discussion.
Mengungkapkan makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tidak resmi secara
akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
Merespon makna dan langkah
retorika dan essai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, explanation dan discusion
6.1
Mengungkapkan makna yang
terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet)
resmi dan tidak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari..
6.2
Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dan essai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk
narrative, explanation dan discusion.
|
4 x 45
4 x 45
2 x 45
4 x 45
2 x 45
4 x 45
2 x 45
6 x 45
2 x 45
2 x 45
4 x 45
2 x 45
|
II
|
Mendengarkan
7.
Memahami makna dalam teks
percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
8.
Mengungkapkan makna dalam
teks fungsional pendek dan monolog yang
berbentuk narrative, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam
teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
10.
Mengungkapkan makna dalam
teks fungsional pendek dan monolog yang
berbentuk narrative, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Membaca
11.
Memahami makna teks
fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, dan review dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
12.
Menguraikan makna teks tulis fungsional
pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, dan review dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
7.1
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur membujuk, mendorong semangat,
mengkritik, mengungkapkan harapan dan mencegah.
7.2
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan,
maksud, memprediksi, berspekulasi dan memberikan penilaian.
8.1
Merespon makna yang terdapat
dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, pamplet, dll)
resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari.
8.2
Mengungkapkan makna dalam
teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk
narrative dan review.
9.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi
dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur
membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan dan mencegah.
9.2
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur menyesali, mengungkapkan menanyakan rencanan tujuan,
maksud, memprediksi, berspekulasi dan memberikan penilaian.
10.1
Mengungkapkan makna yang
terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet)
resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
10.2
Mengungkapkan makna dalam
teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk
narrative dan review
Merespon makna yang terdapat
dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet) resmi
dan tidak resmi yang menggunakan bahasa tulis secara akurat, lancar, dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Merespon makna dan langkah
retorika dan essai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, dan review.
Menggunakan makna yang
terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet)
resmi dan tidak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dan essai dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk narrative, dan review.
|
2 x 45
4 x 45
2 x 45
2 x 45
4 x 45
6 x 45
2 x 45
2 x 45
2 x 45
2 x 45
4 x 45
4 x 45
|
Padangsidimpuan,
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Guru
Mata Pelajaran
( ) Yesrida
NIP. NIM. 07.340044