RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMA Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Program             : XII/IPA-IPS
Semester                      : I (satu)

Standar Kompetensi : I. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal
                                         resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar     : I.I Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur, mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan melakukan sesuatu.

Indikator                    : -     Mengidentifikasi makna kata
-          Mengidentifikasi hubungan antara pembicara
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkan
-          Merespon tindak tutur mengusulkan
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon
-          Merespon tindak tutur memohon
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu.
-          Merespon tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
-          Merespon tindak tutur memerintah
-          Mengidentifikasi konteks situasi

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat:
  1. Mengidentifikasi makna kata
  2. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
  3. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengusulkan
  4. Merespon tindak tutur mengusulkan
  5. Mengidentifikasi makna tindak tutur memohon
  6. Merespon tindak tutur memohon
  7. Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu.
  8. Merespon tindak tutur membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu
  9. Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah
  10. Merespon tindak tutur memerintah
  11. Mengidentifikasi konteks situasi

B.     Materi Pembelajaran
  1. Teks percakapan transaksional dan interpersonal lisan
  2. Kosa kata yang terkait tema/jenis teks
  3. Ungkapan
a.       Mengusulkan
b.      Mengeluh
c.       Membahas kemungkinan atau kemampuan melakukan sesuatu
d.      Memerintah

C.    Metode Pembelajaran
Interactive, listening comprehension, ceramah, penugasan dan demonstrasi.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegitan awal
1.      Mengaktifkan skemata peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
2.      Memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
3.      Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
  2. Membacakan teks yang akan di ujikan
  3. Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
  1. Mengecek pemahaman peserta didik dan umpan balik
  2. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

Pertemuan kedua
Kegiatan awal
  1. Mengaktifkan skemata peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
  2. Memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
  3. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
  2. Membacakan teks yang akan di ujikan
  3. Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
  1. Mengecek pemahaman peserta didik dan umpan balik
  2. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

E.     Sumber Belajar   : Buku Teks (Contextual Learning, Wahyu Sundayana, Grafindo, 2003)

F.     Penilaian
  1. Tehnik             : Tes tulisan
  2. Bentuk                        : Pertanyaan lisan
  3. Instrumen        : Listen carefully, then complete the dialoque



Padangsidimpuan,
Mengetahui                                                                                           
Kepala Sekolah SMA Negeri 5                                                           Guru Mata Pelajaran



(                                   )                                                                       Yesrida
NIP.                                                                                                    NIM. 07.340044
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMA Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Program             : XII/IPA-IPS
Semester                      : I (satu)

Standar Kompetensi : I. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal
                                         resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar     : I.I Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan, hasrat, menyatakan berbagai sikap.

Indikator                    : -     Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan
-          Merespon tindak tutur mengakui kesalahan
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji
-          Merespon tindak tutur berjanji
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan/menuduh
-          Merespon tindak  tutur menyalahkan/menuduh
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
-          Merespon tindak tutur mengungkap keingintahuan dan hasrat
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur memeritah
-          Merespon tindak tutur memerintah
-          Mengidentifikasi makna tindak tutur mengatakan berbagai sikap
-          Merespon tindak tutur menyatakan berbagai sikap

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat:
  1. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan
  2. Merespon tindak tutur mengakui kesalahan
  3. Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji
  4. Merespon tindak tutur berjanji
  5. Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan/menuduh
  6. Merespon tindak  tutur menyalahkan/menuduh
  7. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
  8. Merespon tindak tutur mengungkap keingintahuan dan hasrat
  9. Mengidentifikasi makna tindak tutur memeritah
  10. Merespon tindak tutur memerintah
  11. Mengidentifikasi makna tindak tutur mengatakan berbagai sikap
  12. Merespon tindak tutur menyatakan berbagai sikap

B.     Materi Pembelajaran
  1. Mengakui kesalahan
Mis      A : I admit was wrong
            B : I told you
  1. Berjanji
Mis      A : I give you my words
            B : you’d better
  1. Menyalahkan, menuduh
Mis      A : you are the one to blame
            B : are excusing me ?
  1. Mengungkapkan keingintahuan hasrat
Mis      A : I wonder if…
            B : why not ?
  1. Menyatakan berbagai sikap
Mis      A : I like it
            B : do you ?

C.    Metode Pembelajaran     : Interactive, listening comprehention, ceramah, penugasan.

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan awal
1.      Mengaktifkan skema peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
2.      Memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
3.      Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
  2. Membacakan teks yang akan di ujikan
  3. Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
  1. Mengecek pembahasan peserta didik dan umpan balik/menyempurnakan materi
  2. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan
  3. Memberikan PR
Pertemuan Kedua
Kegitan awal
  1. Mengaktifkan skema peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
  2. Memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
  3. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan
  2. Membacakan teks yang akan di ujikan
  3. Membimbing pelatihan
Kegiatan akhir
  1. Mengecek pemahaman peserta didik dan umpan balik
  2. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

E.     Sumber Belajar   : Buku Teks (Contextual Learning, Wahyu Sundayana, Grafindo, 2003)

F.     Penilaian
1.      Tehnik             : Tes tulisan
2.      Bentuk                        : Pertanyaan lisan
3.      Instrumen        : Listen carefully, answer the questins



Padangsidimpuan,
Mengetahui                                                                                           
Kepala Sekolah SMA Negeri 5                                                           Guru Mata Pelajaran



(                                   )                                                                       Yesrida
NIP.                                                                                                    NIM. 07.340044

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMA Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Program             : XII/IPA-IPS
Semester                      : I (satu)

Standar Kompetensi : 2. Merespon makna teks fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk
narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar     : 2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
Indikator                    : -     Mengidentifikasi topic sebuah teks fungsional pendek yang didengarkan
-          Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
-          Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek yang di dengar.

A.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran peserta didik dapat:
  1. Mengidentifikasi topic sebuah teks fungsional pendek yang didengarkan
  2. Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
  3. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional pendek yang di dengar

B.     Materi Pembelajaran
Teks fungsional pendek lisan

C.    Metode Pembelajaran     : Developing, listening comprehention, diskusi dan penugasan

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegitan awal
1.      Mengaktifkan skemata peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
2.      Memberi informasi kepada peserta didik mengenai materi yang akan dibahas
3.      Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
Kegiatan Inti
  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
  2. Memberikan tugas kepada peserta didik
  3. Membimbing pelatihan
  4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Kegiatan akhir
  1. Memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
  2. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

E.     Sumber Belajar   : Buku Teks Bahasa Inggris kelas XII

F.     Penilaian
1.      Teknik             : Tes lisan
2.      Bentuk                        : Pertanyaan lisan
3.      Instrumen        : listen this dialoque then answer these question




Padangsidimpuan,
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 5                                                           Guru Mata Pelajaran



(                                   )                                                                       Yesrida
NIP.                                                                                                    NIM. 07.340044

PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah             : SMA Negeri 5 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Program             : XII/IPA-IPS
Tahun Pelajaran           : 2009/2010
Sem
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi
Waktu
I
Mendengarkan
1.      Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.










2.      Memahami makna teks fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari

Berbicara
3.      Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.





4.      Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang  berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Membaca
5.      Memahami makna teks fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

Menulis
6.      Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1        Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur, mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan melakukan sesuatu dan memerintah
1.2        Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan, hasrat, menyatakan berbagai sikap

            Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
            Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk explanation, narrative dan discussion.


            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur, mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau kemampuan melakukan sesuatu dan memerintah
            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan, hasrat, menyatakan berbagai sikap.

4.1  Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2  Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, explanation dan discussion.


            Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
            Merespon makna dan langkah retorika dan essai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, explanation dan discusion



6.1  Mengungkapkan makna yang terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet) resmi dan tidak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari..
6.2  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dan essai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, explanation dan discusion.
4 x 45








4 x 45









2 x 45



4 x 45






2 x 45








4 x 45








2 x 45



6 x 45






2 x 45



2 x 45








4 x 45





2 x 45





II
Mendengarkan
7.      Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.










8.      Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang  berbentuk narrative, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.


Berbicara
9.      Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.










10.  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang  berbentuk narrative, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.


Membaca
11.  Memahami makna teks fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Menulis
12.  Menguraikan makna teks tulis fungsional pendek dan essei sederhana berbentuk narrative, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.



7.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan dan mencegah.
7.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi dan memberikan penilaian.

8.1  Merespon makna yang terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, pamplet, dll) resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
8.2  Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan review.

9.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan dan mencegah.
9.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (tersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyesali, mengungkapkan menanyakan rencanan tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi dan memberikan penilaian.

10.1   Mengungkapkan makna yang terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet) resmi dan tidak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
10.2   Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan review

            Merespon makna yang terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet) resmi dan tidak resmi yang menggunakan bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
            Merespon makna dan langkah retorika dan essai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, dan review.

            Menggunakan makna yang terdapat dalam bentuk teks fungsional pendek (misal: banner, poster, famplet) resmi dan tidak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dan essai dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, dan review.

2 x 45







4 x 45









2 x 45




2 x 45





4 x 45







6 x 45









2 x 45




2 x 45





2 x 45




2 x 45






4 x 45




4 x 45



Padangsidimpuan,
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Negeri 5                                                           Guru Mata Pelajaran



(                                   )                                                                         Yesrida
NIP.                                                                                                      NIM. 07.340044